Memilih Nama Domain Yang Tepat :



Memilih nama domain yang tepat merupakan salah satu hal yang paling penting terhadap kesuksesan website kita. Kebanyakan pengguna Internet akan mudah mengingat suatu website dari namanya. Selain itu nama domain juga bisa mempengaruhi peringkat website kita di search engine.

Sekarang pertanyaannya, apakah kita lebih baik memilih nama Domain berdasarkan Keywords atau Branding?

Saya akan jelaskan satu per satu secara singkat!

Memilih Domain Berdasarkan Kepentingan Branding :

Banyak situs yang telah sukses tidak menggunakan keyword di nama domain mereka. Situs tipe ini umumnya lebih memilih kepentingan ‘Branding’ bisnis mereka. Beberapa contoh seperti Yahoo, Google, Amazon, Monster dan eBay.

Bukan berarti perusahaan-perusahaan besar itu tidak mengenal SEO (Optimisasi Search Engine), tapi sekali lagi, mereka lebih memilih kepentingan Branding bisnis online mereka.

Tips: Saya sarankan anda mulai memikirkan ‘Branding’ untuk bisnisnya sendiri, ini penting. Usahakan untuk mendapatkan nama yang unik, mudah diingat, dan original alias bukan hasil contekan.

Memilih Domain Berdasarkan Keyword

Keyword Domain” merupakan domain yang sengaja dibuat untuk mendatangkan traffic dari Search Engine alias untuk kepentingan SEO.

Dengan memilih nama domain yang sesuai dengan keyword yang kita bidik akan memungkinkan kita untuk mendapatkan peringkat tinggi di Search Engine.

Misalnya kalau kita memiliki situs yang menawarkan jasa jual beli mobil, maka akan lebih baik kalau kita membuat domain sesuai dengan kata kunci yang kita bidik di Search Engine, misalnya: www.JualBeliMobil.com atau www.MobilMurah.com

Jadi, yang mana yang bagus dong? Domain Branding Atau Domain Keywords?

Jawabannya adalah…

Tergantung pada bisnis online SEPERTI APA yang akan anda jalankan.

Jika anda mempunyai alokasi dana yang cukup besar untuk biaya iklan “offline” dan biaya untuk mem-Branding perusahaan, maka saya lebih menyarankan anda untuk memilih Domain Branding.

Tapi kalau keadaannya sebaliknya, yaitu minimnya biaya untuk iklan maka saya lebih menyarankan anda untuk meningkatkan traffic situs melalui Domain Keyword.


Tips memilih domain keywords:

* Tentukan target market utama kita.
* Lakukan riset melalui Overture.com atau WordTracker.com berapa banyak pencarian kata kunci yang kita bidik, ambil yang tertinggi dan jadikan nama domain kita bila masih ada.

Tapi ingat, pembelian domain berdasarkan keyword saja tidak akan cukup. Kita harus membuat situs kita berdasarkan SEO juga.





Comments :

0 komentar to “Memilih Nama Domain Yang Tepat :”

Posting Komentar